Minggu, 28 Juli 2013

Surga Wisata Di Utara Jakarta

Apa yang pertama kita ingat soal Jakarta? Macet. Banjir. Sampah. Atau Jokowi. Hehehe, ibukota kita tercinta itu memang penuh dengan permasalahan, dan pak gubernurnya memang sedang sibuk blusukan, mencoba membenahi kota yang paling sibuk se-Indonesia.

Mungkin saking kompleksnya permasalahan Jakarta, kadang orang-orang lupa bahwa sedikit ke utara saja dari pusat kota itu, ada gugusan surga nan elok bernama Kepulauan Seribu. Memang jumlah pulaunya tidak benar-benar mencapai bilangan seribu, namun siapapun pasti tidak akan menolak bahwa diantara hiruk-pikuknya jakarta, Kepulauan Seribu menawarkan seribu pesona yang tidak akan bisa dilewatkan oleh traveler manapun.
Kepulauan Seribu

Masih berada dalam wilayah administratif Ibukota Jakarta, Kepulauan Seribu terdiri 110 pulau-pulau kecil yang masing-masing memiliki pesona alam yang menawan dan keunikannya tersendiri. Beribukota di Pulau Pramuka, hanya dibutuhkan setidaknya sekitar 3-4 jam perjalanan laut dari Muara Angke, Muara Kamal, atau Pelabuhan Marina, kita sudah bisa menikmati eksotisme keindahan di Kepulauan Seribu.

Berwisata ke Kepulauan Seribu kita bisa menentukan sendiri perjalanan seperti apa yang kita kehendaki. Bagi yang berkantong tebal, Pulau Bidadari dan Pulau Putri boleh jadi pilihan yang sesuai. Pulau yang tenang dengan keindahan pesona bahari yang sangat luar biasa. Fasilitas yang tersedia di pulau inipun terbilang lengkap mulai dari resort bahkan kapal dengan fasilitas sekelas hotel. Menikmati keindahan pulau-pulau ini bersama pasangan, bisa jadi sebuah momen yang tak terlupakan.

Tapi jika anda tak punya bujet yang cukup besar, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung banyak menawarkan fasilitas berharga murah. Namun jangan salah, kedua pulau ini juga punya pesona yang tiada habisnya untuk dieksplorasi. Bahkan Pulau Tidung memiliki jembatan cinta yang membuatnya semkin terkenal dikalangan traveler, terutama para muda-mudi.

Pilihan wisata di kepulauan seribupun beragam. Penyuka diving bisa menikmati banyak spot menyelam di Kepulauan Seribu yang tak kalah indah ketimbang Bunaken atau Raja Ampat. Kumpulan terumbu karang dan hutan mangrove yang termasuk dalam bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan daya tarik luar biasa bagi penggemar wisata bawah air.

Eksotisme kepulauan seribu

Wisata sejarahpun bisa di dapat di Pulau Onrust dan sekitarnya. Ada jejak-jejak peninggalan kolonial belanda yang masih tersisa dan layak dikunjungi untuk bernostalgia dengan bagian luar dari Batvia tempo dulu. Kita juga bisa mengunjungi Mercusuar dan Reruntuhan bangunan zaman belanda di pulau Edam dan pulau Cipir.

Dan bagi mereka yang berjiwa petualang, Kepulauan Seribu juga menyediakan banyak pulau kosong tak berpenghuni yang bisa dijadikan sebagai destinasi tujuan. Menikmati pantai dengan tenda sambil menyalakan api unggun dibawah naungan langit luas adalah sesuatu yang pantas untuk dicoba. Selain itu kitapun bisa mengunjungi pusat pelestarian penyu sisik di Pulau Kelapa. Memang, kekayaan hayati yang tersimpan di Kepulauan Seribu adalah gambaran betapa kayanya Indonesia.

Satu yang menjadi kelebihan dari Kepulauan Seribu adalah letaknya yang dekat dengan Ibukota. Tapi eksotisme yang ditawarkan tak kalah dari destinasi wisata legendaris seperti Bali, Raja Ampat, bahkan Hawai sekalipun. Selain itu ada beragam model wisata yang bisa anda nikmati sesuai selera dan budget anda. Bahkan sekarang lebih mudah lagi, karena telah banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket liburan ke Kepulauan Seribu. 

Karena itu, anda tak harus susah payah mengajukan cuti untuk berlibur dan menikmati suasana pantai yang indah. Di akhir pekan pun anda bisa mengunjungi Kepulauan Seribu. Atau jika berkesempatan berkunjung ke ibukota, entah untuk urusan kerja atau sekedar melancong, maka tak ada salahnya untuk meluangkan waktu dua atau tiga hari untuk menyeberang ke utara Jakarta.

Hanya saja saya khawatir, tiga hari mungkin tidak akan cukup memuaskan kita mengeksplorasi seribu pesona di Kepulauan Seribu. Jadi, jangan salahkan saya kalau kelak anda ingin kembali lagi dan lagi ke sana.

Sumber: 
jakarta.panduanwisata.com
pulauseribu.com

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog dari @VIVAlog dan @JakartaTourism

Tidak ada komentar:

Posting Komentar